Waspada jika Sakit dibagian Perut Kiri Bawah

Waspada jika Sakit dibagian Perut Kiri Bawah –¬†Jika anda mengalami gangguan sakit pada perut bagian kiri bawah, anda harus segera melakukan pemerikasaan ke dokter ahli. Hal ini dilakukan untuk mencegah keadaan yang tidak diinginkan dan mempercepat penanganan apabila anda mengalami masalah kesehatan yang serius karena gangguan di perut bagian kiri bawah tersebut.

berikut beberapa penjelasan mengenai gejala yang ditimbulkan jika anda mengalami sakit perut bagian kiri bawah :

  • Penyakit radang usus

Penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulseratif dapat menimbulkan keluhan sakit perut kiri bawah. Biasanya keluhan dapat disertai diare dan darah pada tinja. Penyakit Crohn umumnya menyerang usus halus, sedangkan colitis ulseratif menyerang usus besar.

  • Divertikulitis

Divertikulitis ialah peradangan pada kantung-kantung yang terdapat di usus. Biasanya lebih sering menimbulkan keluhan nyeri pada perut kiri bawah. Namun, terkadang nyeri dapat dirasakan di perut kiri atas. Biasanya kondisi ini disertai dengan demam, mual, muntah, tegang pada perut dan konstipasi ataupun diare. Divertikulitis merupakan penyebab tersering sakit perut bagian bawah.

  • Sindroma usus iritabel

Sindroma usus iritabel biasanya menimbulkan nyeri perut kiri bawah, namun bisa juga hingga ke bagian atas, terutama jika disertai keluhan kembung. Dapat disertai gangguan BAB seperti diare atau konstipasi. Sindroma usus iritabel merupakan penyakit kronis saluran cerna.

  • Gangguan Sistem Reproduksi

a. Dismenorea

Kram perut dapat dirasakan sebelum dan saat haid. Sakit yang dirasakan bervariasi mulai dari ringan hingga sangat berat hingga mengganggu aktivitas harian.

b. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan infeksi pada saluran reproduksi wanita. Selain sakit perut, gejala dapat pula disertai keluhan demam, keputihan berbau, nyeri atau flek saat berhubungan seksual, dan flek di luar siklus haid.

c. Kehamilan di luar kandungan

Kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan dapat menimbulkan sakit perut yang disertai perdarahan atau flek dari vagina, telat haid dan tanda kehamilan lainnya.

d. Kista ovarium

Kista ovarium ialah adanya kantung berisi cairan di dalam atau permukaan ovarium. Jika kista pecah, dapat menimbulkan sakit yang sangat hebat dan perdarahan organ dalam.

  • Hernia

Hernia atau turun berok adalah benjolan pada tubuh yang terjadi ketika bagian dalam tubuh menekan bagian otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah. Selain nyeri dapat pula terlihat benjolan.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *