Waspada jika Sakit dibagian Perut Kiri Atas

Waspada jika Sakit dibagian Perut Kiri Atas – Sakit perut dapat dibedakan menurut penyebab dan lokasi sakit tersebut, bagu anda yang merasa sakit pada perut bagian kiri atas, mungkin anda harus mengerti kemungkinan-kemungkinan dari beberapa penyakit yang timbul karena sakit di bagian tersebut.

* Gangguan lambung

Adanya masalah pada lambung seperti mag (gastritis) ataupun luka pada lambung sering menimbulkan keluhan pada perut kiri atas dan tengah.

Pada luka lambung, nyeri biasanya memburuk setelah makan atau ketika posisi berbaring di malam hari.
Pada penyakit mag dapat disertai dengan rasa panas di dada dan perut kembung.
Infeksi lambung juga bisa menimbulkan keluhan di daerah ini dan biasanya disertai dengan diare, mual dan muntah.

* Gangguan jantung dan paru

Nyeri yang datang dari paru ataupun jantung dapat dirasakan hingga bagian atas perut. Gangguan pada paru dan selaput paru seperti infeksi bisa menimbulkan keluhan sakit pada perut atas juga. Biasanya turut disertai demam atau nyeri saat bernapas.

Gangguan jantung seperti serangan jantung atau infeksi pada selaput jantung biasanya menyebabkan keluhan nyeri pada dada kiri. Meskipun demikian, jantung dan perut lokasinya berdekatan satu sama lain, sehingga terkadang nyeri dapat menjalar ke bagian atas perut

* Gangguan pada pankreas

Pankreas terletak di bagian atas tengah perut sebagai penghasil enzim pencernaan. Hormon insulin dan glukagon yang berperan mengatur gula darah juga dibuat di pankreas. Nyeri perut akibat gangguan pankreas seperti pakreatitis biasanya dirasakan di bagian perut tengah atas. Namun kondisi ini dapat pula dirasakan di area perut atas kiri karena bagian kepala pankreas terletak di perut atas kiri. Pankreatitis yaitu peradangan pada pankreas biasanya disertai keluhan mual dan muntah. Selain peradangan, tumor juga bisa menyebabkan sakit perut kiri atas.

* Gangguan pada limpa

Limpa terletak tepat di belakang lambung dan berada di bawah tulang iga terbawah sebelah kiri. Fungsi utama limpa ialah untuk menyaring darah dan membuat sel darah baru serta menyimpan pembekuan darah.

Limpa juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Gangguan pada limpa dapat menyebabkan sakit perut kiri atas biasanya disertai dengan penjalaran nyeri ke area bahu kiri. Gangguan tersebut di antaranya:

Kanker darah dapat menyebabkan ukuran limpa membesar sehingga menimbulkan nyeri yang bertambah parah dan semakin lama.
Infeksi seperti infeksi virus mononukleosis dapat menimbulkan keluhan nyeri ringan. Biasanya kondisi ini juga disertai dengan keluhan lelah, nyeri tenggorokan dan demam.
Adanya trauma, misalnya akibat kecelakaan saat berkendara maupun dipukul dapat menyebabkan robekan limpa. Keluhan yang muncul ialah nyeri hebat mendadak dan perabaan keras pada bagian perut kiri atas. Kondisi ini termasuk dalam taraf gawat darurat.
Kerusakan limpa akibat penyakit kelainan darah sickle cell.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *