Waspada jika Sakit dibagian pada bagian kiri atas maupun bawah

Waspada jika Sakit dibagian pada bagian kiri atas maupun bawah –┬áJika anda mengalami sakit pada bagian perut kiri bagia atas maupun bawah, sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter ahli supaya bisa mengetahui penyakit apa yang anda alami. Semakin cepat anda mengetahui semakin cepat penanganan akan sakit yang alami bisa diatasi.

Berikut beberapa penjelasan apabila anda mengalami sakit di bagian perut kiri atas atau bawah :

Gangguan ginjal

Gangguan pada ginjal kiri seperti batu atau infeksi ginjal memang lebih sering menimbulkan keluhan pada daerah samping perut atau punggung bawah, namun nyeri dapat menjalar ke perut kiri atas ataupun bawah. Nyeri dapat disertai demam, nyeri saat buang air kecil, serta darah pada air seni.

Aneurisma aorta abdominalis

Aorta merupakan pembuluh darah utama tubuh. Aorta yang terletak di daerah perut dinamakan aorta abdominalis. Pada sebagian orang, aorta abdominalisnya mudah membengkak dan bocor.

Jika hal tersebut terjadi, maka dapat terasa nyeri di area perut, dada dan punggung. Biasanya nyeri dirasakan berdenyut sesuai denyut jantung. Kondisi gawat darurat ini membutuhkan penanganan segera.

Cacar ular atau cacar api

Cacar ular atau cacar api memiliki istilah medis herpes zoster. Pada kelainan kulit ini dapat terasa nyeri sesuai dengan dermatom tubuh yang terkena. Sehingga bila terkena di daerah perut kiri atas ataupun bawah dapat menimbulkan rasa sakit. Nyeri yang dirasakan menusuk atau seperti terbakar.

Gangguan otot

Otot yang terlalu meregang akibat aktivitas fisik atau olahraga yang berlebih pada area perut, dapat menimbulkan keluhan sakit perut kiri atas maupun bawah tergantung lokasi otot yang tegang dan mengalami peregangan berlebih.

Seperti sudah dijelaskan di atas, pada kenyataannya banyak sekali penyebab sakit perut bagian kiri. Jika Anda merasakan sakit perut, perhatikan lokasi, intensitas dan hal-hal lain yang berhubungan dengan nyeri. Hubungi dokter bila merasakan sakit perut yang semakin memburuk dalam beberapa hari agar Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *