Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

Agar tidak mudah terkena penyakit asam urat, ada baiknya kita menghindari makanan penyebab asam urat tinggi. Meskipun memang ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit asam urat, dalam realitanya faktor pola makan, khususnya konsumsi makanan yang kaya akan purin-lah yang menjadi salah satu penyebab utama tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Makanan Penyebab Asam Urat

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat yang sebaiknya kita hindari:

1. Jeroan
Makanan yang terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa dari hewan memang memiliki rasa yang gurih. Sayangnya, jeroan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga jika kita kerap mengonsumsinya, maka risiko terkena asam urat pun meningkat.

2. Makanan laut
Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi yang bisa menyebabkan masalah asam urat.

3. Daging merah
Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, daging yang bisa didapatkan dari kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya ini juga kaya akan kandungan purin sehingga sebaiknya tidak kita konsumsi secara berlebihan.

4. Makanan olahan
Makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya kita hindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

6. Beberapa jenis sayuran dan buah
Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin. Buah seperti nanas dan durian juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu masalah asam urat.

7. Sayuran berdaun hijau
Seharusnya tidak mengherankan bahwa salah satu makanan paling sehat juga salah satu yang tertinggi dalam folat. Menambahkan lebih banyak bayam, collard hijau, kale, lobak hijau dan selada romaine ke dalam diet harian memberikan dorongan langsung pada asam folat. Hanya satu piring besar sayuran hijau yang lezat akan memenuhi hampir semua kebutuhan folat harian Anda.

8. Jagung
Jagung adalah sayuran yang menyenangkan dan populer yang mengandung banyak folat. Hanya satu cangkir jagung yang dimasak akan memberi Anda sekitar 34 mcg asam folat, terhitung hampir 9% dari kebutuhan harian Anda. Disarankan untuk menghindari sayuran kalengan dan memilih sayuran segar dan organik.

9. Seledri
Seledri umumnya dianggap sebagai makanan yang bagus untuk membantu batu ginjal, tetapi apakah Anda tahu sayuran ini juga menjadi sumber asam folat yang bagus. Hanya satu cangkir seledri mentah menyediakan sekitar 36 mcg folat, terhitung sekitar 9% dari kebutuhan harian Anda.

10. Wortel
Wortel adalah sayuran lain yang sangat populer yang mungkin Anda konsumsi di rumah. Mengonsumsi satu cangkir wortel mentah akan memberi Anda hampir 5% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk asam folat. Makan wortel bayi sebagai camilan atau tambahkan ke salad Anda untuk meningkatkan folat.

Nah, itu dia berbagai macam makanan penyenab asam urat. Jadi, jika memiliki penyakit asam urat, jangan terlalu banyak makanan penyebab asam urat atau bahkan menghindarinya, Teman Sehat!

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *