Akibat Kurang Minum Air Putih

Air putih dianggap merupakan air yang paling menyehatkan karena masih murni tanpa campuran apapun, tidak pekat, sehingga benar-benar menjalankan fungsinya sebagai cairan alami yang sesuai dengan cairan di dalam tubuh. Banyak fungsi tubuh yang sangat bergantung pada kehadiran air. Sementara, aktivitas sehari-hari kerap membuat manusia kehilangan cairan, di antaranya melalui air kencing, keringat hingga sekadar bernapas. Akan sangat berbahaya apabila tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Berikut beberapa akibat bila kita kekurangan Air Putih :

Dehidrasi

Suatu kondisi yang sangat berbahaya akibat kurang minum air putih yaitu terjadinya dehidrasi. Sebab jika dehidrasi ini berlangsung parah maka dapat menyebabkan syok dan bahkan berakhir dengan kematian. Dehidrasi ini biasanya dipicu akibat keluarnya cairan dari dalam tubuh dalam jumlah banyak tanpa diimbangi dengan asupan air putih yang cukup. Keluarnya cairan yang berlebihan ini dapat disebabkan karena keluar keringat akibat melakukan aktifitas fisik yang berat, muntah, diare, atau akibat terjadi perdarahan.

Oleh karena itu jika Anda banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh, maka segera ganti cairan tersebut dengan banyak minum air putih.

Masalah dengan ginjal Anda

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai filtrasi cairan, di mana zat yang berguna akan diserap oleh tubuh melalui peredaran darah dan zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan dibuang keluar tubuh melalui urine. Proses filtrasi di dalam ginjal sangat membutuhkan air agar bekerja dengan baik. Jika mengalami kekurangan cairan maka ginjal akan bekerja lebih keras dan kotoran atau zat-zat beracun tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh.

Sembelit atau konstipasi

Air dapat membantu usus besar untuk mencerna makanan dan membantuk tinja. Tapi, jika usus besar tidak berkontraksi dengan baik, maka usus akan menyerap terlalu banyak air sehingga menyebabkan sembelit. Menurut Ohio State University Wexner Medical Center, tidak cukup minum air putih adalah salah satu penyebab sembelit yang paling umum. Sembelit atau konstipasi juga dapat menyebabkan wasir dan pendarahan rektum.

Kelelahan

Tidak cukup minum air putih secara langsung mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan bisa menyebabkan kelelahan. Bila Anda tidak memiliki cukup cairan, sel Anda memperlambat aktivitas mereka dan menghasilkan lebih sedikit energi. Orang yang menderita dehidrasi sering lelah dan mengantuk karena alasan ini. Untungnya, efek kelelahan bisa diatasi dengan minum air putih.

Sebaiknya makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air untuk meningkatkan jumlah cairan di tubuh Anda. Selain asupan vitamin, buah seperti semangka dan jeruk memberi gula yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda.

Gangguan pada fungsi syaraf

Akibat kurang minum air putih yang berikutnya yaitu dapat menyebabkan gangguan fungsi syaraf. Hal ini dapat terjadi karena jika seseorang kekurangan cairan maka distribusi oksigen ke otak menjadi terhambat. Otak merupakan pusat koordinasi manusia dimana merupakan pusat syaraf yang mengendalikan fungsi sensorik maupun motorik tubuh manusia.

Gangguan fungsi syaraf yang terjadi akibat kekurangan air putih antara lain ditandai dengan menurunnya konsentrasi, mudah bingung, sering lupa, mudah mengantuk, memicu halusinasi, dan dapat mengakibatkan penurunan kesadaran.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *