Penyebab Minum Soda Yang Banyak

Penyebab Minum Soda Yang Banyak
cuaca yang panas terik di dalam pikiran kita pastinya menganggap minuman bersoda sangat segar untuk diminum. Selain rasanya yang nikmat, sensai minum minuman bersoda juga memberi kesan berbeda dibandingkan minum minuman yang lain. Bahkan ada sebagian orang yang selalu menyediakan minumn bersoda di dalam lemari pendingin di rumah.

Tapi tahukan bahwa minuman bersoda memberi dampak buruk bagi kesehatan kita. kenapa soda harus di jauhi dari kesehatan kita, alasannya :

> Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas. Baik untuk anak – anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga membuat perut buncit.

> Yang menjadi salah satu kelebihan dalam minuman bersoda adalah warnanya yang menarik. Apa lagi ditambah dengan beberapa tambahan es batu. Tapi tahukan anda bahwa pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal? Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

> kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi jadi rusak bahkan dapat membusuk. Itu makanya sangat disarankan untuk menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman bersoda. Tapi tetap saja, sebelum masuk ke tenggrokan, minuman bersoda pasti menyentuh gigi.

> Minuman bersoda sama sekali tidak mengandung vitamin. Minuman bersoda hanya mengandung gula sebagai perasa manis, kafein, dan tambahan perasa buah saja. Sehingga minuman ini memang tidak memberi efek positif sama sekali bagi tubuh.

> Mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang diam – diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari – hari.

> Minuman bersoda menjadi minuman yang dapat membuat kita kecanduan bila pertama kali mencobanya. Kita akan sering berkeinginan minum minuman bersoda untuk menyegarkan diri kita dari cuaca yang panas. Selain itu kandungan kafein yang membuat kita melek juga akan mengundang kita untuk minum minuman bersoda untuk menghilankan rasa kantuk.

> Efek negatif dari minuman bersoda untuk pencernaan mineral dalam tubuh adalah meningkatkan produksi urin di mana dapat membuat kita mengalami dehidrasi. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu untuk menghilangkan haus, janganlah minum minuman bersoda karena malah akan memberi efek haus yang lebih.

> Lambung kita yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahakan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi anda yang menderita sakit maag.

> Kandungan asam pada minuman bersoda juga membuat kulit menjadi keriput alias penuaan dini. Maka dari itu bila ingin memiliki kulit yang mulus dan awet muda jauhilah minuman bersoda dalam bentuk dan rasa apapun. Karena para ahli memang selalu mengatakan bahwa minum air putih jauh lebih menyehatkan meski rasanya tidak begitu enak.

> Selain soda yang mampu merapuhkan tulang, minuman ini rata-rata dapat menyebabkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman soda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama diabetes. Selain bahaya minuman soda untuk kesehatan, ternyata ia juga mengandung berbagai jenis kandungan berbahaya lainnya untuk ibu hamil atau yang sedang mengandung. Minuman soda sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan Janin.

> Ibu yang sedang hamil bila mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat adana kemungkinan janin mengalami kecacatan. Tetapi yang paling parah adalah janin dapat saja mati akibat ibu yang gemar meminum minuman bersoda. Maka dari iu untuk ibu hamil dan menyusui wajib untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda.

> Bahaya minuman bersoda memang tidak terasa dan terlihat secara langsung. Tetapi dampaknya dapat merusak organ tubuh dalam jangka waktu lama. Jadi perlu diwaspadai dan bisa dibilang minuman bersoda justru leboh menyeramkan dari minuman beralkohol yang jelas – jelas memang memiliki dampak yang sangat buruk. Bagi sebagian orang, minuman bersoda dapat juga menghilangkan kesadaran untuk beberapa menit. Minuman bersoda bukanlah minuman sehat meski peredarannya sangat bebas dan bisa dibeli di mana pun.

> Terlalu banyak konsumsi soda cenderung menyebabkan dehidrasi kronis tubuh. Minuman soda tidak akan pernah bisa menggantikan peran air minum. Jadi, orang yang terbiasa meminum soda sebagai pengganti air putih akan sering mengalami dehidrasi yang dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit.

> Sodium benzoate dalam soda digunakan sebagai pengawet. Pengawet ini cenderung meningkatkan kandungan natrium dalam makanan. Itu sebabnya, kebiasaan minum soda bisa menjadi alasan utama mengapa seseorang mengalami asma.

Macam jenis penyakit yang lainnya, bisa baca di :
– Jenis Influenza Dan Cara Mengatasi Influenza
– Timbulnya Gejala kanker Otak
– Penyebab Terjadinya Diabetes

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *