Tips menjaga Kesehatan Mata didepan Komputer

Di era perkembangan teknologi yang semakin cepat, semakin bergantung pula kita terhadap teknologi tersebut. Jaman sekarang, setiap hari, kita semakin tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone atau komputer, baik desktop ataupun laptop, untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari.

Mata lelah atau ketegangan mata akibat terlalu lama di depan komputer umum terjadi. Gejala umum mata lelah biasanya berupa kelelahan, gatal-gatal, dan mata terasa panas. Mata lelah jarang sekali jadi kondisi yang serius, meskipun sangat mengganggu Anda.

Minimnya gerak dan mata yang lelah karena harus terus menerus menatap layar komputer seharian selalu menjadi penyebab masalah kesehatan terjadi. Bagi Anda yang memiliki rutinitas seharian penuh bekerja di depan komputer, cobalah untuk menyesuaikan rutinitas tersebut saat bekerja untuk menghindari masalah kesehatan yang timbul seperti gangguan persendian, mata dan sakit punggung.

Atur Jarak Pandang Mata

Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 – 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

Minum Air Putih

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, minum air putih yang banyak juga membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Selain itu, dengan banyak minum air putih menyebabkan Anda harus pergi ke kamar kecil yang membuat Anda harus menggerakkan tubuh.

Gunakan Screen Protector

Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.

Berkedip

Hal ini terkesan sederhana, namun sangat membantu Anda mengurangi resiko gangguan pada mata. Apalagi untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer, selain berkedip menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkannya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

Periksa Mata

Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan kondisi mata anda, jika suatu saat anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *