Telapak Kaki Sakit Pertanda Asam Urat

Salah satu gejala dari penyakit asam urat adalah rasa nyeri dan kaku pada persendian. Hanya saja, banyak orang yang khawatir menderita penyakit ini karena mengalami sensasi telapak kaki sakit saat berjalan. Sebenarnya, apakah hal ini juga menandakan asam urat?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penyakit asam urat biasanya akan muncul pada persendian, khususnya pada jari-jari, pergelangan tangan dan kaki, siku, serta lutut. Hal ini berarti, jika kita mengalami sensasi nyeri pada telapak kaki atau punggung kaki, ada kemungkinan hal ini bukan disebabkan oleh masalah asam urat.

Hanya saja, penyakit asam urat memang bisa menyebabkan sensasi nyeri saat berjalan, apalagi jika yang diserang adalah persendian ibu jari kaki, pergelangan kaki, atau tumit. Biasanya gejala ini juga disertai dengan pembengkakan, sensasi hangat, rasa kaku, dan warna kemerahan. Jadi, pastikan terlebih dahulu dari mana asal rasa nyeri pada telapak kaki ini.

Jika memang asal rasa nyeri berasal dari telapak kaki, bisa jadi hal ini disebabkan oleh cedera yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari seperti berlari, melompat, atau bahkan menendang. Selain itu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah tendonitis, sindrom sinus tars, atau memakai alas kaki yang tidak nyaman seperti sepatu yang kesempitan. Kita juga patut untuk mewaspadai kemungkinan adanya penyakit neuropati perifer.

Melihat adanya fakta ini, jika nyeri pada telapak kaki tak kunjung mereda, alangkah lebih baik kita memeriksakan kondisi ini ke dokter telebih dahulu untuk memastikan apa penyebabnya. Jika ternyata masalah kesehatan ini disebabkan oleh asam urat, pastikan untuk rutin mengonsumsi obat demi mencegah kemunculan serangannya dan mulai menurunkan asupan makanan yang kaya purin demi menjaga kadar asam urat dalam tubuh.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *