Penyebab Sakit Kepala Kronis

Penyebab Sakit Kepala Kronis

Sakit kepala terus-menerus atau sakit kepala kronis adalah sakit kepala yang sedikitnya telah berlangsung selama 15 hari dalam satu bulan, yang dapat terjadi selama tiga bulan berturut – turut.

Baca juga : Sakit Kepala Rutin ? Ini Penyebabnya

Banyak kasus sakit kepala kronis tidak diketahui penyebabnya, namun kita harus waspada bahwa kepala sering sakit ini bisa saja merupakan gejala yang berkaitan dengan suatu penyakit yang serius. Beberapa penyakit yang sering menjadi penyebab sakit kepala terus menerus antara lain :

Gangguan pembuluh darah otak :

Baca juga : Bahaya Sakit Kepala Bisa Jadi Kanker Otak

stroke dan kelainan pembuluh darah otak dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada aliran darah ke otak yang dapat menimbulkan gejala seperti sakit kepala yang timbul mendadak dan cukup parah.

Penyakit pada otak selain pembuluh darah :

tumor atau kanker otak dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan di dalam kepala yang dapat menimbulkan gejala sakit kepala kronis yang berulang dengan intensitas sakit yang semakin hari semakin hebat.

Penyakit infeksi :

sakit kepala dapat timbul sebagai bagian dari gejala utama terjadinya infeksi oleh virus, bakteri maupun jamur, seperti pada infeksi telinga, infeksi hidung, infeksi rongga sinus, infeksi selaput otak, infeksi otak, infeksi paru-paru dan infeksi HIV/AIDS.

Gangguan elektrolit dan Metabolisme :

kekurangan oksigen dalam darah dan atau kelebihan karbon dioksida dalam darah, seperti pada orang yang sering tidur mendengkur atau mendaki gunung yang tinggi dapat menimbulkan sakit kepala. Penurunan metabolisme tubuh seperti, penyakit tekanan darah tinggi pada kehamilan, tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *