Menjaga Sendi tetap sehat

Sendi adalah penghubung di antara dua tulang yang berhubungan yang memungkinkan kamu untuk menekuk lutut dan siku, membungkuk, menengok, ataupun melambaikan tangan. Sendi berperan penting untuk menghubungkan tulang agar bagian tubuh bisa bergerak dan menyokong berat tubuh. Mengingat perannya yang krusial, penting untuk menjaga sendi agar selalu sehat.

Akitivitas sehari-hari mungkin menjadi terbatas apabila Anda memiliki masalah sendi dan harus berurusan dengan kekakuan dan nyeri berat pada sendi. Biasanya, kegiatan fisik dapat meningkatkan risiko kerusakan sendi yang dapat menghambat gerak tubuh. Ketika Anda sudah lanjut usia, kartilago mulai aus dan menjadi kasar. Seiring berjalannya waktu, kerusakan pada kartilago dapat menyebabkan osteoarthritis.

Tips untuk menjaga kesehatan sendi

  • Hindari duduk dan berdiri terlalu lama

Duduk atau berdiri di atas kaki sepanjang hari justru berbahaya bagi sendi Anda. Duduk atau berdiri untuk waktu yang lama akan membuat sendi Anda “terkunci” dalam posisinya. Duduk terlalu lama akan memberi tekanan pada tulang belakang dan pinggul, sementara berdiri akan memengaruhi sendi di pinggul, lutut, pergelangan kaki dan kaki. Hal ini akan mengurangi pelumasan dan bantalan normal pada sendi Anda sehingga sendi cenderung mudah robek.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada persendian melebihi kapasitas normal. Akibatnya, persendian menjadi lemah dan rusak, terutama pada persendian yang menahan berat badan seperti lutut, pinggul, dan punggung. Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi.

  • Sisipkan makanan sehat dalam menu harian

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dalam diet harian Anda merupakan cara yang baik agar tubuh dapat menyerap berbagai nutrisi secara optimal. Anda dapat menambahkan irisan seledri dan wortel, brokoli, irisan cabai dan potongan melon ke dalam makanan Anda.

  • Suplemen Sendi

Tidak sedikit orang yang minum suplemen sendi yang mengandung glukosamin dan kondroitin untuk menjaga kesehatan persendian. Suplemen tersebut diduga dapat mengurangi nyeri osteoarthritis pada beberapa orang. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan jika suplemen dapat mencegah segala bentuk radang sendi.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *