Meninggikan Trombosit Untuk Penderita Demam Berdarah

Musim hujan telah tiba dan kita akan sering mendengar banyak sekali kasus penyakit yang mewabah di musim hujan layaknya penyakit demam berdarah dengue. Penderita demam berdarah dengue bisa mengalami beberapa gejala layaknya demam tinggi, muntah darah, namun yang cukup mengerikan adalah jika kadar trombosit dalam darah menurun dengan drastis.

Sebagaimana kita ketahui, trombosit adalah salah satu bagian darah yang sangat penting yang bisa memicu pendarahan berlebihan yang tentu akan mengancam nyawa. Adakah cara yang efektif untuk menaikkan kadar trombosit rendah bagi pasien demam berdarah?

Perlu kita ketahui, trombosit normal pada seseorang di antara 150.000 hingga 450.000 untuk setiap mikro liter darah. Saat seseorang terkena demam berdarah, kadar trombositnya bisa menurun drastis hingga di bawah angka 50.000. Untuk membuat kadar trombosit dalam darah menjadi normal kembali, kita bisa meminta penderita demam berdarah untuk mengonsumsi jus jambu merah segar yang dikenal mampu menaikkan kadar trombosit dengan efektif. Akan jauh lebih baik jika jus yang terasa enak ini dikonsumsi cukup sering.

Penderita demam berdarah juga bisa memperbanyak minum air putih dan waktu istirahat karena tubuh yang lebih segar ternyata bisa memicu kenaikan jumlah trombosit hingga ke kadar yang normal. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 seperti telur, susu, keju, atau buah jeruk dan bayam. Beberapa jenis makanan lain seperti ikan laut juga direkomendasikan bagi penderita demam berdarah karena bisa menaikkan kadar trombosit dengan signifikan.

Karena demam tinggi, banyak orang yang berpikir jika penderita demam berdarah harus diberi obat penurun panas. Padahal, obat penurun panas atau obat pereda nyeri bisa membuat produksi trombosit dalam tubuh akan menurun drastis. Cobalah untuk memperbanyak asupan makanan bergizi yang bisa menambah produksi kadar trombosit sehingga gejala dari penyakit demam berdarah bisa semakin mereda dan risiko terkena pendarahan pun bisa ditekan.

Kadar trombosit tinggi ternyata juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kadar trombosit tinggi lebih dari 450.000 disebut dengan trombositosis dan trombosit tinggi adalah penyakit kelainan darah yang dapat diderita oleh siapapun, dari pria, wanita, anak anak hingga orang yang sudah tua.

12 Cara Meningkatkan Kadar Trombosit saat Demam Berdarah

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan adar trombosit di Rumah:

  • Tingkatkan asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Kacang kenari, bayam dan biji rami adalah beberapa pilihan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membantu sumsum tulang untuk menciptakan lebih banyak trombosit.
  • Daun pepaya memiliki kandungan vitamin kompleks yang tinggi, dan ketika dikonsumsi dalam bentuk jus, ia juga membantu sumsum tulang untuk meningkatkan produksi trombosit.
  • Minum secangkir buah seriap hari sangat membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit pada demam berdarah. Buah dapat menetralisir radikal bebas dan memfasilitasi produksi trombosit.
  • Tomat organik kaya akan mineral dan vitamin. Kandungan lycopene antioksidan yang kuat di dalamnya membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit.
  • Konsumsi makanan kaya vitamin. Jeruk, kiwi, dan kubis kaya akan sumber vitamin.
    Jus lidah buaya sangat membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit.
  • Susu segar juga dapat membantu meregenerasi trombosit darah. Selain itu, susu mengandung Vitamin K, yang sangat penting untuk pembekuan darah yang tepat.
  • Wortel. Fakta yang kurang diketahui adalah bahwa wortel juga berfungsi sebagai obat yang sangat baik untuk mempertahankan jumlah trombosit darah normal.
  • Buah delima. Selain membantu mempertahankan jumlah trombosit darah normal, nutrisi dan mineral yang ditemukan dalam buah delima juga berfungsi sebagai dorongan energi.
  • Tidak hanya bawang putih pemurni darah yang sangat baik, bumbu dapur ini juga dapat membantu secara alami meningkatkan jumlah trombosit darah.
  • Daging tanpa lemak seperti ikan, ayam dan kalkun kaya akan protein, seng dan Vitamin B12, yang semuanya membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.
  • Kismis mengandung zat besi dan membantu memperkuat tubuh sambil menormalkan jumlah trombosit darah. Kismis dapat dimakan sebagai camilan, ditambahkan pada hidangan oatmeal atau bahkan dicampurkan dengan yoghurt.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *