Makanan Yang Menambah Sistem Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Flu

Makanan Yang Menambah Sistem Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Flu

Bagi sebagian orang Penyakit Flu itu sangat mengganggu aktivitas. Karena kita akan merasa gatal ditenggorokan atau hidung gampang berair. Apakah akan terlambat dalam pengobatannya ? Tidak kok. Masih ada waktu untuk kalian yang ingin mencoba Flu itu datang.

Hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah mengambil aksi cepat dan mencegah mulainya penyakit dengan menyantap makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menumpas kuman sebelum pilek dan flu menyerang tubuh Anda.

Berikut adalah lima makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek atau flu.

  • Bawang Putih

Bawang adalah bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit. Meski memakan bawang putih mentah lebih baik, Anda tidak perlu memaksakan kalau memang tak suka. Suplemen bawang putih seperti serbuk, minyak, dan ekstrak memiliki kemampuan menyembuhkan yang sama.

  • Madu

Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. Faktanya, madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Namun jangan lupa, bahwa anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya menurunkan risiko terkena pilek dan flu, peminum teh hijau juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh mereka dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

  • Sup Ayam

Menurut penelitian medis, sup ayam dapat menekan peradangan yang mengakitbatkan flu atau pilek. Sup ajaib ini juga dapat mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang. Penambahan mi dan sayur akan membuat sup ini semakin mujarab karena karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Stroberi, Jeruk dan Tomat

Menurut riset dan beberapa studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu pencegahan pilek dan flu. Tipsnya adalah dengan mendapatkan vitamin C dari makanan yang Anda konsumsi, dan bukan dari suplemen. Oleh karena itu, penuhi menu Anda dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, jeruk, tomat dan brokoli.

  • Daging Tanpa Lemak

Zat besi sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh yang kuat dan cara yang paling efisien untuk mempertahankan tingkat zat besi yang baik adalah dengan memakan daging tanpa lemak.

Oleh karena itu, bila hidung Anda mulai merasa sedikit mampet atau berair, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan atau kerang dapat membantu Anda melawan kuman.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *