Macam-Macam Penyakit Pada Telinga

Macam-Macam Penyakit Pada Telinga

Telinga ternyata tidak hanya mengatur pendengaran, namun juga posisi dan keseimbangan. Bagian telinga terdiri atas bagian luar, tengah, dan dalam. Telinga luar adalah daun telinga yang berfungsi melindungi saluran auditor. Saluran ini dilindungi oleh rambut dan kelenjar keringat yang mengeluarkan lilin untuk menangkap partikel asing.

Telinga bagian tengah mengandung tiga tulang terkecil dari bagian tubuh kita, yakni palu suara, sanggurdi, dan anvil. Organ tersebut menghubungkan gendang telinga dengan telinga bagian dalam yang mempunyai cochlea, alat pendengar. Getaran gendang telinga diubah menjadi impuls saraf yang bisa ditangkap otak sebagai suara.

Otak menerima informasi dari struktur di telinga bagian dalam yang disebut labyrin, dalam rangka keseimbangan tubuh. Labyrin mengirimkan informasi gerakan tubuh ke otak, kemudian digabungkan dengan berbagai informasi dari mata, kaki, tangan, dan otot, untuk menentukan posisi yang tepat agar badan dapat mengatur keseimbangan.

Oleh karena itu, jika telinga kita sakit atau terganggu maka akan memengaruhi sistem pendengaran dan keseimbangan dalam tubuh kita. Ada beberapa gejala atau penyakit yang disebabkan terganggunya organ pendengaran kita. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

+ Sakit Telinga:

Sakit telinga sangat beragam bentuknya. Bisa terasa berdenyut samar sampai seperti rasa menusuk yang sangat ngilu. Sakit telinga dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

  • infeksi di saluran telinga bagian luar
  • infeksi akut pada telinga bagian tengah;
  • peradangan telinga bagian dalam (labyrinthitis) akibat infeksi viral;
  • hilangnya keseimbangan tekanan udara antara bagian tengah dan luar telinga, biasanya terjadi saat sedang demam atau hidung tersumbat (barotrauma);

+ Penyumbatan oleh kotoran telinga.

Semua kasus sakit telinga dapat dihilangkan dengan meminum aspirin cair atau parasetamol dengan dosis sesuai anjuran dokter. Selain itu, meletakkan sebotol air hangat pada telinga juga dapat meredakan sakit.

+ Telinga Berdenging

Jika telinga mendenging, mendering, atau mendesis, Anda mungkin mengalami suatu gejala yang dikenal bernama tinnitus. Penyebab telinga berdenging antara lain:

  • Hilangnya keseimbangan tekanan udara antara bagian tengah dan luar telinga, biasanya saat sedang demam atau hidung tersumbat (barotrauma);
  • obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping berupa bunyi-bunyian di telinga;
  • kemasukan serangga atau air juga dapat menyebabkan telinga terasa berdenging.

+ Penyakit Meniere

Penyakit meniere adalah penyimpangan akibat meningkatnya jumlah cairan di dalam labyrin. Penyakit ini biasanya dialami orang-orang setengah baya. Jika ini terjadi, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

+ Othematoma

Pada beberapa kasus kelainan pada telinga terjadi kelainan yang disebut othematoma atau popular dengan sebutan ‘telinga bunga kol’, suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada tulang rawan telinga yang dibarengi dengan pendarahan internal serta pertumbuhan jaringan telinga yang berlebihan (sehingga telinga tampak berumbai laksana bunga kol). Kelainan ini diakibatkan oleh hilangnya aurikel dan kanal auditori sejak lahir, atau yang disebut dengan encharta ensiklopedi.

+ Tuli

Ketulian, gangguan pendengaran terhadap beberapa atau semua suara, dapat timbul berangsur-angsur dalam jangka waktu tertentu. Bisa terjadi pada salah satu atau kedua telinga sekaligus. Ketulian dapat disebabkan oleh infeksi telinga bagian luar atau tengah atau pun penyumbatan saluran eustasio karena demam atau alergi.

Untuk gangguan pendengaran, Anda dapat melakukan pengujian pendengaran dengan cara audiometri. Bagian pertama tes ini adalah mengukur kemampuan mendengar suara yang diatur melalui udara. Kedua, mengukur kemampuan mendengar suara-suara yang sama melalui tulang kepala.

+ Penyumbatan

Kotoran telinga (serumen) bisa menyumbat saluran telinga dan menyebabkan gatal-gatal, nyeri serta tuli yang bersifat sementara. Dokter akan membuang serumen dengan cara menyemburnya secara perlahan dengan menggunakan air hangat (irigasi). Tetapi jika dari telinga keluar nanah, terjadi perforasi gendang telinga atau terdapat infeksi telinga yang berulang, maka tidak dilakukan irigasi.

+ Labirintitis

Labirintitis adalah gangguan pada labirin di dalam telinga. Penyakit ini disebabkan oleh bebarapa faktor yang di antaranya infeksi, gegar otak, dan juga alergi. Penyakit ini memiliki beberapa gejala antara lain telinga berdengung, mual, muntah, vertigo, dan pendengaran juga berkurang.

+ Motion sickness

Pernahkah anda naik wahana tornado di dunia fantasi? apa yang Anda rasakan setelah naik wahana tersebut? apakah Anda merasa pusing? atau ketika dalam perjalanan di laut, udara maupun darat kadang-kadang terjadi semacam rasa mual, pusing, dan juga muntah-muntah. Orang mengatakan ini adalah mabuk perjalanan atau biasa disebut dengan motion sickness

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *