Langkah – Langkah Menjaga Kesehatan Kulit

Langkah – Langkah Menjaga Kesehatan Kulit

Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan, diantaranya dengan membatasi diri terhadap paparan sinar matahari, banyak mengonsumsi makanan yang sehat, membersihkan kulit secara teratur dan beragam cara lainnya seperti berikut ini.

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari dalam jumlah minimal memang penting untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun bila berlebih, maka kerusakan kulit bahkan kanker kulit -lah yang akan didapati. Hindarilah paparan sinar matahari berlebih terutama pada jam 10 pagi hingga 4 sore.

Bila hendak bepergian di bawah teriknya sinar matahari, sebisa mungkin aplikasikan tabir surya dengan kadar SPF 15 atau lebih. Kenakan pula pakaian yang lembut dan berlengan panjang agar kulit senantiasa terlindungi.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kulit cerah dan awet muda yang didambakan dapat diwujudkan dengan mulai mengonsumsi makanan yang sehat secara rutin. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 karena dapat menjaga kecerahan dan kelembapan kulit.

Waspadai konsumsi gula tambahan, terutama yang terkandung dalam makanan olahan dan minuman kemasan karena dapat memicu kerutan dan produksi minyak berlebih.

  1. Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit secara teratur menjadi bagian penting dari sekian banyak cara menjaga kesehatan kulit. Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit.

Bila memiliki tipe kulit kering, maka pilihlah sabun atau produk perawatan yang bebas alkohol dan dapat melembapkan. Sedangkan untuk kulit sensitif, maka dapat mengaplikasikan produk bebas pewangi buatan dan hipoalergenik.

  1. Jauhi Rokok & Minum Alkohol

Pertama, merokok dapat menyempitkan pembuluh darah yang terdapat pada lapisan luar kulit sehingga akan mengurangi asupan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Kedua, merokok dapat dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

Begitupun halnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat membuat tubuh juga kulit mengalami dehidrasi. Akibatnya kulit akan mengendur dan menua lebih cepat.

Baca juga : Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

  1. Tidur Yang Cukup

Berdasarkan beberapa penelitian, orang-orang yang kurang tidur berisiko besar mengalami penuaan kulit lebih cepat dan terkait erat dengan obesitas, defisiensi imun, diabetes hingga kanker.

Cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dibilang paling sederhana adalah dengan tidur cukup antara 7-9 jam setiap hari.

  1. Rileks & Tenang

Stres memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kulit. Stres dapat menyebabkan dan memperparah masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat, eksim atau psoriasis.

Jadi masalah kulit yang dialami akan bertahan lebih lama jika saja stres yang dialami tak juga dikendalikan. Untuk itu, kelola lah stres sebaik mungkin. Rileks dan tetap tenang ketika masalah menghampiri.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagai pencegahan, minumlah rata-rata 8 gelas air putih setiap hari. Tambahkan pula buah-buahan dan sayuran yang kaya air sebagai upaya untuk mencukupi hidrasi harian pada kulit dan tubuh secara keseluruhan.

Seperti semua bagian tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kurang minum dapat membuat kulit kering, bersisik dan perlahan akan timbul garis-garis halus atau kerutan.