Kanker Serviks Dan Cara Mencegahnya

Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiganya.

Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Sebelum menjelaskan ciri-ciri kanker serviks dan pencegahan kanker serviks, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab kanker serviks.

Penyebab Kanker Serviks

Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan WC umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin C dan vitamin E serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan risiko 2x terkena kanker serviks). Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Nah, kita bahas tentang apa saja ciri-ciri kanker rahim yang perlu kaum wanita ketahui, berikut adalah tanda-tanda kanker serviks:

  • Sering timbul flek-flek pada bagian kewanitaan , walaupun Anda sedang tidak mengalami haid.
  • Sering mengalami sakit yang berlebih atau nyeri-nyeri ketika Anda sedang melakukan hubungan suami istri.
  • Mengalami keputihan yang tidak wajar dan kadang disertai dengan pendarahan yang banyak.
  • Ketika buang air kecil sering merasakan sakit pada bagian kewanitaan Anda.
  • Mengalami pendarahan yang banyak ketika Anda menstruasi.
  • Sering merasakan sakit di daerah pinggul.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Menstruasi tidak teratur.
  • Terkadang Anda akan mengalami pembengkakkan di bagian paha.
  • Untuk gejala lebih detilnya mungkin dapat Anda konsultasikan ke dokter, karena tanda kanker serviks di atas merupakan ciri-ciri kanker serviks secara umumnya saja. Terkadang ada penderita kanker serviks yang tidak mengalami ciri-ciri tersebut, namun setelah dicek ternyata positif kanker serviks. Hal ini juga sulit untuk dijelaskan.

Pencegahan Kanker Serviks

Kita sudah mengetahui apa ciri-ciri kanker serviks, sekarang bagaimana cara mencegahnya? Menurut kabar yang beredar, kanker serviks belum bisa disembuhkan, namun dapat kita cegah. Berikut tips untuk mencegah kanker serviks:

  • Hindari membersihkan bagian kewanitaan Anda terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalamnya dan PH menjadi tidak stabil.
  • Melakukan vaksin HPV untuk mencegah virus tersebut masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Jangan berganti-ganti pasangan karena sudah dijelaskan mengenai akibatnya.
  • Jika Anda belum menikah, hindari hubungan intim secara bebas karena jika Anda melakukannya maka risiko terkena kanker serviks akan semakin tinggi.
  • Mulailah pola hidup sehat yang baik dan benar karena dengan pola hidup yang sehat risiko mengalami berbagai macam penyakit menjadi kecil.
  • Hindari kebiasaan merokok karena merokok dapat meningkatkan risiko mengalami kanker serviks.
  • Dan yang terakhir cukupi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh Anda setiap hari seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Nah, sekarang sudah tahu ciri-ciri kanker serviks dan pencegahan kanker serviks, yuk mulai sekarang jaga kesehatan organ intim kalian, Teman Sehat!

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *