Inilah Penyebab Perut Mulas dan Cara Mengobatinya

Inilah Penyebab Perut Mulas dan Cara Mengobatinya

Mengalami kondisi Perut Mulas bagi seseorang sangatlah menggangu pikiran selain itu anda akan merasa tidka nyaman pada sekeliling anda. Berikut ada beberapa cara mengatasi perut mulas yang mengganggu pikiran anda :

  • Nyeri Haid

Apabila nyeri haid ini terjadi untuk dapat mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, mengkompres perut dengan menggunakan air hangat, mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit dan asam jawa, serta memperbanyak asupan makanan yang kaya magnesium dan zat besi untuk mengganti sejumlah nutrisi yang hilang bersama darah haid.

  • Asam Lambung

Asam lambung tersebut akan mengiritasi daerah kerongkongan sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang panas pada daerah dada. Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh asam lambung tinggi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat antasida, histamin blocker, dan proton pump inhibitor yang dapat megurangi produksi asam lambung

  • Konstipasi

Secara umum sembelit dapat terjadi karena disebabkan oleh dua hal yaitu kurang banyak minum cairan dan kurang banyak makan serat. Cara mengatasi perut mules yang disebabkan sembelit dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat pencahar seperti bisacodil yang dapat merangsang untuk segera buang air besar.

  • Kembung

Ada banyak penyebab perut kembung yang dapat menyebabkan gas berlebihan pada saluran pencernaan salah satunya adalah akibat mengkonsumsi makanan yang menghasilkan banyak gas seperti susu laktosa dan produk olahannya, brokoli, toge, kol, buncis dan kacang – kacangan.

Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh kembung dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat simetikon yang dapat melarutkan gelembung udara.

  • Diare

Diare pada umumnya dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi kuman, oleh karea itu jagalah kebersihan perorangan teutama dengan seringan mencuci tangan. Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh diare dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat antidiare seperti loperamid yang dapat mengurangi pergerakan salurann cerna.

Berikut adalah beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan dan diterapkan jika mengalami Perut Mulas, namun usaha tersebut harus dilakukan secara berkala. Namun jika sudah menggunakan cara sederhana tidaklah berhasil sebaiknya segera diperiksa ke dokter terdekat untuk mengetahui apa yang terjadi dan menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat