Ini Penyebab Utama Obesitas, Waspadai Obesitas Sejak Sekarang

Mengalami kegemukan atau berat badan melebihi tentu tidak enak. Banyak hal yang merugikan seperti terhambatnya pergerakan aktivitas kita dalam sehari-hari, susah untuk mencari baju yang sesuai dan tidak begitu indah untuk dipandang, apakah kalian setuju ?

Obesitas atau kegemukan punya beragam dampak buruk, mulai dari mengganggu aktivitas, hingga menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Kamu perlu selalu waspada karena risiko obesitas bisa terjadi bahkan sejak bayi dalam kandungan lho.

Nah ini dia buat kamu yang ingin mencegah atau mengobati obesitas, kenali terlebih dahulu penyebab-penyebabnya sebagai berikut:

  1. Kurangnya melakukan aktivitas fisik membuat seseorang terkena Obesitas

Perlu adanya Olahraga karena aktivitas fisik itu penting. Namun ironisnya aktivitas manusia banyak menurun dengan makin majunya teknologi. Jika dulu manusia perlu berjalan untuk mencapai suatu tempat, kini banyak kendaraan umum dan mobil. Untuk itu, gak ada salahnya lho kalau kamu mencoba jalan kaki atau menggunakan alternatif kendaraan yang menuntut aktivitas fisik, seperti sepeda.

  1. Diet yang buruk juga sangat mempengaruhi Obesitas

Diet itu berarti membuat tubuh tetap sehat dan ideal. Diet gak hanya berlaku untuk orang gemuk, namun juga untuk orang kurus dan atau yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Diet yang buruk terjadi akibat banyaknya mengonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan serta minuman cepat saji yang tinggi lemak dan gula.

  1. Adanya kalori berlebih yang masuk kedalam tubuh

Semua makanan yang kita asup dalam tubuh kita semua mengandung kalori. Sesungguhnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh pria dewasa per hari normalnya 2.500 sedangkan untuk perempuan 2.000 kalori. Buat kamu yang ingin mengukur besaran kalori, yang masuk dalam tubuhmu, kamu bisa mengintipnya di fakta nutrisi yang tertera pada kemasan produk makananmu.

  1. Obesitas terjadi juga karena Faktor Genetik

Faktor Genetik juga sangat berpengaruh terhadap potensi obesitas pada manusia. Misalnya saja jika kamu punya orangtua yang obesitas, ada kemungkinan bahwa kamu akan kesulitan untuk berdiet dan menurunkan berat badan.

  1. Nah ini juga mempengaruhi, karena Alasan Medis

Ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan seseorang susah menurunkan berat badan, seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif dan sindrom cushing atau gangguan langka yang menyebabkan produksi hormon steroid yang berlebihan. Ada juga bentuk pengobatan yang berkontribusi menyebabkan berat badan bertambah, seperti obat epilepsi, diabetes, dan antidepresan.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *