Info Dokter Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Antibiotik, Itu Berbahaya

Info Dokter Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Antibiotik, Itu Berbahaya

Ketika anda mengalami sakit seperti Virus, Bakteri, Batuk, Flu atau Infeksi biasa penanganan cepat dalam penyembuah adalah dengan Antinionik. Biasanya saat menerima resep dokter juga dapat anjuran agar obat Antibiotik harus dihabiskan. Dengan kata lain anda harus mengkonsumsi sesuai Dosis.

Apa itu Antibiotik ?

Antibiotika adalah segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.

Meskipun cara kerjanya yaitu dengan memutus rantai biokimia dalam bakteri tersebut. Namun, penggunaan yang berlebihan dari antibiotik bisa fatal akibatnya.

Kepala Dinkes Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, mengatakan warga diharapkan perlu memahami penggunaan dan bahaya obat antibiotik dari dokter apabila dikonsumsi secara seenaknya sendiri.

“Untuk penggunaan obat antibiotik sebenarnya untuk mencegah terjadi resistensi atau istilahnya kekebalan, jadi harusnya dengan resep dokter,” kata Nyoman. Nyoman mengatakan, jikalau masyarakat sakit ringan bisa menggunakan obat alami atau obat yang bisa didapatkan secara bebas.

Akan tetapi, lanjut dia, khusus untuk obat antibiotik harus dikendalikan, kalau tidak nantinya di generasi selanjutnya obat antibiotik sudah tidak mempan lagi. “Dokter juga tidak semuanya memberikan obat antibiotik kepada pasien,” ujarnya.

Penggunaan obat Antibiotik yang berlebihan juga dapat menyebabkan kuman yang ada dalam tubuh menjadi ganas. Hal ini dikarenakan bakteri tersebut sudah membuat sistem kekebalan baru yang tidak bisa lagi ditembus oleh antibiotik itu sendiri.

Lebih dianjurkan sebaiknya jangan menggunakan antibiotik tanpa resep dari dokter. Karena kita tidak tahu dosis yang tepat dan belum tentu pula apakah penyakit yang kita derita saat itu membutuhkan antibiotik atau tidak.