Diabetes Dapat Disebabkan Duduk Terlalu Lama

Duduk dalam waktu yang lama banyak dilakukan oleh masyarakat modern, baik itu para pekerja kantoran atau bahkan para siswa yang ada di sekolah. Meskipun nyaman untuk dilakukan dan tidak melelahkan, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan ini mampu memicu penumpukan lemak pada perut, meningkatkan risiko terkena diabetes, sakit punggung, hingga kesehatan mental. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apa kaitan duduk terlalu lama dengan diabetes?

Dilansir dari Boldsky, duduk dalam waktu yang sangat lama dan tidak diselingi dengan berdiri atau aktivitas fisik lainnya bisa memicu gangguan pada produksi insulin dalam tubuh. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika insulin sangatlah penting bagi pemecahan gula darah. Tanpa adanya insulin yang cukup, maka kadar gula darah tidak akan diubah menjadi energi dan terus menumpuk. Jika sampai kadar gula darah sangat tinggi, risiko untuk terkena diabetes juga akan meningkat.

Duduk terlalu lama juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Tubuh yang tidak banyak bergerak akan membuat proses pembakaran kalori menurun. Hal ini membuat lemak pun semakin menumpuk, khususnya di bagian perut. Memang, penumpukan lemak atau berat badan berlebihan tidak selalu menjadi pemicu datangnya diabetes, namun, cukup banyak kasus yang menunjukkan bahwa penderita diabetes cenderung memiliki berat badan yang tidak ideal.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk selalu menyempatkan diri untuk berdiri atau berjalan kaki setiap satu atau dua jam jika kita termasuk dalam orang yang duduk dalam waktu yang lama. Perhatikan pola makan setiap hari agar tetap sehat dan jangan lupa untuk rajin berolahraga demi menjaga kadar gula darah tetap normal.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *