Cara mengatasi Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang dapat didefinisikan sebagai terbentuknya jaringan tulang pada tepi atau bagian tertentu di tulang akibat deposit kalsium. Selama ini, banyak yang menganggap pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang.

Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang biasa disebut dengan osteoporosis.

Pengapuran tulang dan sendi memiliki bahasa medis osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.

Pengapuran tulang seringkali tidak menimbulkan gejala, akan tetapi jika pengapuran tulang menyebabkan terjadinya kerusakan lebih lanjut pada struktur di sekitarnya seperti otot dan ligamen, maka gejala lebih cenderung muncul. Pengapuran juga seringkali terdeteksi saat dilakukannya pemeriksaan kesehatan rutin (medical check-up) dan Rontgen tulang.

Pengapuran tulang dan sendi terjadi karena beberapa faktor, namun salah satu yang paling sering adalah osteoarthritis. Pada kondisi ini, terjadi peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang yang menipis seiring waktu.

Cara mengatasi Pengapuran Tulang

  • Mengurangi berat badan

Sendi yang mengalami tekanan berlebih kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan.

  • Memakai obat pereda rasa sakit

Pemakaian obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang bisa diperoleh di toko obat juga bisa dilakukan. Krim atau gel pereda rasa sakit cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.

  • Terapi okupasi

Terapi okupasi bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja mampu dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang cara-cara tertentu bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.

  • Sepatu khusus

Sepatu pasien akan diberi bantalan khusus yang mampu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

  • Olahraga

Olahraga secara teratur penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena justru akan memperburuk masalah yang diderita.

Pada kondisi osteoarthritis yang sudah parah, penanganannya tidak cukup lagi hanya dengan perubahan gaya hidup. Konsultasikan kepada dokter mengenai pilihan-pilihan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *