5 Gejala Radang Usus Paling Berbahaya

5 Gejala Radang Usus Paling Berbahaya

Radang usus adalah kondisi di mana usus mengalami inflamasi atau peradangan. Radang usus sendiri seringkali digunakan untuk menjelaskan dua jenis penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kedua kondisi ini diakibatkan oleh peradangan kronis pada bagian gastrointestinal (sistem pencernaan). Kondisi ini muncul karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat.

Kolitis ulseratif adalah peradangan kronis yang terbatas pada usus besar atau kolon saja. Sedangkan penyakit Crohn adalah peradangan yang bisa terjadi di seluruh sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus.

Selain itu, terdapat dua kondisi lain yang terkait dengan radang usus, yaitu kolitis collagenus dan kolitis limfosistik. Kedua kondisi ini lebih dikenal dengan istilah kolitis mikroskopik. Keduanya adalah jenis radang usus yang cukup langka.

Radang usus adalah penyakit jangka panjang dengan gejala yang biasanya muncul dan menghilang selama beberapa waktu Tingkat keparahan gejala yang muncul tergantung pada bagian mana saja yang mengalami peradangan. Beberapa gejala yang umumnya terjadi adalah:

1. Infeksi virus

Virus yang bisa menyebabkan meradangnya usus adalah norovirus. Virus yang menyerang usus kecil ini biasanya masuk dari makanan yang tercemar. Novovirus juga bisa berpindah dengan mudah melalui kontak fisik atau memegang benda yang terkena muntahan orang yang terinfeksi.

2. Infeksi bakteri

Sama seperti infeksi novovirus, bakteri penyebab radang usus dapat menular dan menyebar dari makanan. Namun, kali ini bakteri paling banyak ditemukan pada makanan yang tidak matang, seperti telur, daging merah, dan daging unggas.

Beberapa bakteri yang ditemukan dalam makanan yang tidak matang dan menjadi penyebab radang usus adalah Salmonella, Shigella, Campylobacter, dan E. coli.

3. Infeksi parasit

Parasit yang mengakibatkan munculnya gejala radang usus adalah Giardia. Infeksi parasit tersebut membuat usus kecil tidak mampu menyerap cairan dengan baik, sehingga menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan.

Maka itu, ciri-ciri radang usus yang timbul jika Anda terkena infeksi parasit adalah diare. Giarda terdapat di dalam air seperti kolam renang atau danau. Anda bisa mengalami infeksi giardia jika tidak sengaja tertelan air yang tercemar parasit tersebut.

Perlu diingat bahwa gejala yang muncul pada orang-orang tidaklah sama. Beberapa orang mungkin akan mengalami muntah-muntah, anemia, dan demam tinggi. Kondisi ini akan datang dan pergi selama kurun waktu yang lama. Ketika kambuh, gejala bisa ringan atau sangat parah.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *